Kamis, 03 Oktober 2013

Ikimono-Gakari desu~

Ikimono-Gakari  (いきものがかり disebut juga "Ikimonogakari") adalah band pop rock Jepang dari Kanagawa. Grup ini dimulai sejak Februari 1999 dengan Hotaka Yamashita dan Yoshiki Mizuno, dan yang terakhir bergabung adalah vokalis Kiyoe Yoshioka pada bulan Desember. Nama grup ini diambil berdasar ikimono-gakari  (生き物係), sekelompok anak-anak yang bertanggung jawab untuk mencari tanaman dan hewan-hewan di Sekolah Dasar Jepang. Pada 2006, grup ini mengeluarkan single pertamanya dengan label Epic Records, Sony Music Entertainment Japan. Beberapa dari albumnya telah mencapai top nomor 1 pada chart mingguan Oricon, dan lagunya pun telah diikut sertakan berbagai macam media seperti naruto sampai lagu tema Penayangan Olimpiade untuk NHK dan satu set untuk lomba musik nasional untuk SMP.

HISTORY
 

Formasi and Percobaan

Pada 1989, Mizuno dan Yamashita secara kebetulan bertemu saat mereka di kelas satu; mereka berdua bertanggung jawab atas penamaan Ikimono-Gakari  (生き物係?), mereka yang peduli pada tanaman dan hewan di sekolah. Yamashita nantinya menyatakan ia ingin sekali menjadi "monitor papan hitam". Yamashita dan Mizuno membentuk band mereka pada 1 February 1999, dan mulai menyanyi langsung dijalanan; tak terlalu dianggap terlalu serius, mereka menamakan bandnya "ikimono-gakari" setelah mereka berbagi pengalaman saat kelas 1. Pada awalanya, mereka melakukan cover dari Masayoshi Yamazaki. Pada Desember 1999, Yoshioka bergabung dengan Ikimono-gakari. Di hari-hari itu, Mizuno dan Yamashita berencana untuk membuat grup dengan Lead V mereka lakuocal wanita, yang akan menjadi suara yg tak biasa untuk pertunjukan jalan yg mereka lakukan. Yoshioka adalah adik dari salah satu teman sekelas mereka; dia masuk sebagai penyanyi utama dan band hingga terbentuk saat ini. Dan saat mereka mulai bernyanyi dengan tiga anggota, bandnya pun melakukan cover dari single Yuzu, "Natsuiro" ( 夏色 "Warna-Warna Musim  Panas")

Menjadi Terkenal

Pada April 2003, Ikimono-gakari melanjutkan bermain dengan acara jalanan di depan Stasiun Hon-Atsugi di Odakyu Odawara Line. Pada bulan Juni, mereka melakukan acara one-band secara langsung di Thunder Snake Atsugi untuk pertama kalinya. Orang yang pernah menghadiri acara ini berujung menjadi manager mereka, ini menjadi dorongan merkea untuk meluncurkan Tur jalanan besar-besaran. Pada 25 Agustus, mereka merilis album indie pertama mereka, Makoto Senetsu Nagara First Album wo Koshirae Mashita.... Pada 26 Maret, 2005, Ikimono-gakari menggelar sebuah acara di hall kecil di Atsugishi Bunka Kaikan; ini adalah kali pertamanya Ikimono-gakari  pernah menyelesaikan sebuah acara single-band di sebuah hall.
Pada 15 Maret 2006, Ikimono-gakari  merilis single pertama mereka, "Sakura", di produseri oleh Masanori Shimada. Ini merupakan label debut besar mereka dengan Epic Records Japan of Sony. Single kedua mereka "Hanabi" dirilis pada 31 Mei 2006, membuat band mereka pertama kali tampil pada chart Oricon top 10 dengan debut pada urutan 5. Antara 10 November dan 30 November, mereka menggelar tour live pertamanya, yang disebut "Ikimonogakari no MInna-san, Konni-Tour! 2006". Mereka merilis full-length studio album untuk pertama kalinya pada 7 MAret 2007, berjudul Sakura Saku Machi Monogatari, debut di nomor 4 pada album chart mingguan Oricon. Album live tour ini dari 30 Maret sampai 23 Mei. Pada 7 Juli, mereka muncul dengan single ke 10 mereka, "Bluebird", yang juga menjadi lagu pembuka untuk anime Naruto, dan grup yang pertama kalinya menjebol Top 3 pada Oricon Singles. Pada 24 Desember, mereka merilis album stuido ketiga mereka, My Song Your Song.
Album ini menjadi top pada chart Oricon mingguan, menjadi hasil pertama kalinya untuk mencapai rangking 1 di chart manapun. Pada 31 Desember, mereka melakukan debut dalam festival NHK Kohaku Uta Gessen ke 59. Pada 4 Maret 2009, hasil dari koleksi video mereka untuk pertama kalinya, "tottemo Ezo", dirilis. Di tahun itu, Mizuno bertugas atas penulisan lagu "Yell" sebagai satu set untuk perayaan tahunan anak SMP ke 76 NHK Nationwide School Music Contest. Single ke 15 mereka "Yell/Joyful" diluncurkan 23 september, merebut posisi 1 pada chart harian Oricon dan nomor 2 untuk chart mingguan, rangking tertinggi sejauh ini untuk semua single.
Ikimono-gakari pun memenangkan penghargaan Gold Artist Award pada Best Hit Song Festival (26 ovember) tahun 2009, untuk pertamanya mereka dapatkan penghargaan dalam salah satu acara ajang musik. Mereka pun mengikutinya dengan album studio keempatnya Hajimari no Uta, dirilis pada 23 desember, dan debutnya langsung menjadi album nomor 1 pada chart mingguan Oricon. Pada malam tahun baru, Ikimono-gakari muncul lagi dalam festival NHK Kohaku Uta Gassen yang ke 60. Pada 9 Juni 2012, jaringan televisi Jepang NHK mengumumkan bahwa lagu tema untuk penayangan Olimpiade akan dibawakan oleh Ikimono-gakari. Lagu itu berjudul "Kaze ga Fuiteiru" (Angin sedang berhembus"). 3 anggota yang menulis lagunya dan berkata bahwa liriknya diharapkan akan menyemangati atlet Jepang seperti angin yang kencang. Selama Olimpiade, Ikimono-gakari melakukan penampilan langsung di Inggris Raya pada NHK.

GAYA BERMUSIK


Gaya bermusik Ikimono-gakari bersumber dari gaya lounge rock asli yang didapatkan pada saat 3 mini album pertama mereka dibawah Cubit Club. Alat musik utamanya adalah gitar, gitar listrik, dan harmonika. Permulaan msuik mereka dianggap cukup lambat; "Natsu Koi" pada Sakura Saku Machi Monogatari, dianggap lebih cepat pada temponya dibanding dengan lagu yang sama pada Makoto ni Senetsu Nagara First Album wo Koshirae Mashita.... . Gitaris dan motor band Yoshiki Mizuno juga dianggap menyanyi lebih banyak pada album indie mereka.
Dengan rilisnya album berlabel-besar, Sakura Saku Machi Monogatari, gaya mereka berubah menjadi lebih bergaya ke conventional rock, tapi masih tetap dengan kombinasi lama gitar-harmonika mereka. Mereka juga memulai menambahkan beberapa elemen pada lagu mereka, seperti dawai dan tamborin, sebagai bukti dengan "Sakura" dan "Kira Kira Train". Dengan tambahan, mereka merekam lagu dengan tempo yang lebih cepat, seperti "Ryuusei Miracle" dan "Hinageshi".
Ikimono-gakari mulai bergerser menjadi lebih ke mainstream pop soound dengan album kedua dan ketiga, Life Album dan My Song Your Song". Lagu-lagu seperti "Kimagure Romantic" sangat berbeda dari lagu-lagu mereka selama era Sakura Saku. Life Album dilihat sebagai kebangkitan dari beberapa lagu mereka pada album indie; "Hana wa Sakura Kimi wa Utsukushi" dari Makoto ni Senetsu... dan "Chikoku Shichau yo" dari Jinsei Sugoroku Dabe. "Kuchidzuke", juga dari Jinsei Sugoroku Dabe, dibangkitkan pada My Song Your Song.

ANGGOTA



Kiyoe Yoshioka (吉岡聖恵 Yoshioka Kiyoe; lahir 29 Februari 1984; umur 29 tahun) adalah vokalis Ikimono-gakari. Dia lahir di kota Shizuoka, dan kemudian pindah ke Atsugi, Kanagawa ketika dia berumur lima tahun. Dijuluki "Kiyoe", "Kiyo-chan" "Se-Ki", "Las Kiyo", dan "Ponyo Megumi". Pendidikan: sekolah Dasar Kota Minami Mouri Atsugi, SMA Ebina, Prefektur Kanagawa, Lulusan Showa University of Music College of Music School. Kakaknya adalah teman sekelas sekolah tinggi Mizuno dan Yamashita. Dia juga menjadi salah satu host dari All Nippon Night 2009-2010.

Yoshiki Mizuno (水野良樹 Mizuno Yoshiki; lahir 17 Desember 1982; umur 30 tahun) adalah anggota, ketua band, dan gitaris. Dia terutama menggunakan gitar listrik. Lahir di Hamamatsu, Prefektur Shizuoka, ia pindah ke kota Ebina, Prefektur Kanagawa, pada usia dini. Panggilan akrabnya ialah "Yocchan", "Yoshiki", "Mūmin", "Erikku". Pendidikan: SMP Otani Sugikubo Kota Ebina, SMA Prefektur Atsugi, Kanagawa. Setelah menjadi Ronin di bidang Ekonomi, Politik, Universitas Meiji, lulus dari Departemen Sosiologi, Universitas Hitotsubashi.

Hotaka Yamashita (山下穂尊 Yamashita Hotaka; lahir 27 Agustus 1982; umur 31 tahun) adalah gitaris dan harmonica. Ia lahir di Ebina City, Prefektur Kanagawa. Nama akrabnya "Hocchi", "Yamachan", "Hochin gu sutairu". Pendidikan: SMP Otani Sugikubo Ebina Kota, sekolah yang lebih tinggi Atsugi, Prefektur Kanagawa, lulus dari Departemen Sosiologi, Universitas Hosei.

0 komentar:

Posting Komentar

Tak ada komentar, tak gentar!